Karya Terbaik

Seorang murid di sekolah melukis begitu mengagumi lukisan yang baru dibuatnya dan ia menilai itu adalah karya terbaiknya.

Dengan besar hati ia memasang lukisannya di etalase umum di sekolahnya, ia sangat berharap penilaian tentang lukisannya dari teman-teman satu sekolahnya, ia menulis di bawah lukisan tsb:

"barang siapa yang menemukan kesalahan pada lukisan ini, mohon diberi tanda dengan menggunakan tinta merah".

Sore harinya ia temukan lukisan terbaik miliknya sudah penuh dengan coretan-coretan merah, begitu banyaknya coretan-coretan itu sehingga lukisan aslinya tidak dikenali lagi.

Merasa gagal sebagai pelukis ia kemudian mengadukan hal itu pada gurunya, guru yang bijak itu menasihati, "Besok engkau taruh lagi lukisan terbaikmu di etalase sekolah, tulislah di bawah lukisanmu itu kalimat ini: barang siapa yang menemukan kesalahan pada lukisan ini mohon gunakan kuas yang telah tersedia untuk memperbaiki."

Dan ia pun melaksanakan nasihat gurunya, dari jauh ia memperhatikan tidak seorang pun berani mendekat ke lukisan itu ... bahkan sampai sore hari, tidak ada seorang pun temannya satu sekolah yang mencoba memperbaiki lukisan itu.

Gurunya menjelaskan:

"Orang yang mampu mencari dan menemukan kesalahan/aib itu jumlahnya banyak sekali ... namun orang yang mampu memperbaiki dan berbuat sesuatu untuk menutupinya amatlah jarang/langka ...."
Begitulah kondisi kita dewasa ini ... amat mahir mengritisi dan mencela ... tetapi tak satu pun yang datang dengan solusi"...

Pelukis muda itu tersenyum puas dengan keterangan gurunya itu ...

💐💐💞💞💝💖💕💕

_______
@grupWA, 07902018

Posting Komentar

0 Komentar