Critical Eleven

MOHON DIBACA DAN DIINGAT-INGAT                                       🛫🛬

Pasti sudah sering naik pesawat kan yah?

Tetapi pasti kebanyakan orang belum tahu alasan kenapa waktu take off sama landing, pramugari selalu minta untuk tegakan sandaran kursi, tray table-nya harus ditutup, penutup jendela harus dibuka, terus yang duduk di deretan pintu harus free dari semua tas dan lain-lain?

Jadi, alasannya karena 90% kecelakaan pesawat terjadi saat take off dan landing.
90% kecelakaan pesawat terjadi di 8 menit setelah take-off dan 3 menit sebelum landing.
Sehingga disebut juga "Critical Eleven"

Dan di saat itu terjadi, penumpang cuma punya waktu 90 detik buat keluar dari pesawat.

Kalau tak keluar, penumpang bisa mati karena berbagai hal, dari smoke inhalation atau kekurangan oksigen, atau pesawat sinking incase of ditching (water landing).

Satu emergency exit di cabin, didesain buat evacuate sekitar 65 orang dalam waktu  1,5 menit itu. Tegakan sandaran apalagi di saat panik, bisa habiskan waktu 10 detik, dan di saat evacuation 1 detik itu sudah masalah hidup dan mati.

Biasakan untuk menegur kalau penumpang di-depan kita tidak menegakkan sandaran kursinya, karena di saat ada emergency landing, yang bakalan kena dampak adalah orang yang duduk di belakangnya.
Karena bakal trapped (terjebak) dan tak bisa keluar dari kursi ... sedangkan penumpang di depan itu pasti akan lari keluar secepat mungkin supaya bisa selamat.

Bukan cuma itu, dalam penerbangan di malam hari, lampu kabin juga pasti diredupkan. Alasannya sama, karena dalam waktu 90 detik semua penumpang harus keluar maka tak ada waktu yang boleh terbuang.
Di saat mata terbiasa melihat terang kemudian lampu mati, pasti butuh beberapa waktu supaya mata bisa adaptasi dengan pencahayaan yang gelap ... maka dari itu lampu sengaja diredupkan supaya mata tidak perlu adaptasi lagi di saat ada emergency landing.

Kalau penutup jendela kabin mesti dibuka itu kenapa?
Kaca dibuka supaya penumpang bisa liat keadaan luar. 

Contoh ada kebakaran di sayap, kapten tak bisa liat, pramugari tak liat. mungkin malah penumpang yang liat dan bisa kasih info supaya bisa secepat mungkin evakuasi. Atau kalau di negara Eropa, kadang sayap pesawat beku karena ada es, penumpang bisa liat dan kasih info supaya kapten tau dan kita bisa melakukan perbaikan sebelum terbang.

Di training pilot dan pramugari ada kelas yang namanya "CRMC", jadi kelas tentang komunikasi.
Karena 70% lebih kecelakaan pesawat terjadi karena kurang komunikasi antara semua orang, yaitu antara pramugari, pilot maupun penumpang. Dalam penerbangan kita harus gunakan semua info yang ada, termasuk dari penumpang.

Jadi kesimpulannya,  dengarkan mbak pramugari ... karena kalau ada accident, yang bakal kena akibatnya adalah penumpang itu sendiri.

Jadi jangan main main dengan safety  🆘

_____
@grupWA, 30102018

Posting Komentar

0 Komentar