8 Ucapan Ajaib Untuk Membentuk Karakter Anak

Berikut ini 8 ucapan atau kata-kata ajaib yang penting diajarkan kepada anak-anak sejak kecil. Ucapan ini akan membentuk karakter positif anak.


1. Salam

Ajarkan dan biasakan ucapan "Assalamualaikum" kepada anak agar terbiasa dengan salam yang Islami. Tiap masuk rumah atau masuk kamar orang tua atau ketemu orang lain, ucapannya selalu salam. Ucapan ini membentuk jiwa penuh kedamaian pada diri anak.


2. Zikir

Biasakan ucapan yang mengandung muatan zikir kepada Allah dalam merespons segala sesuatu. Misalnya astagfirullah, subhana Allah, alhamdulillah, masya Allah, insya Allah, barakallah, dan lain sebagainya. Bukan ucapan: Astaga! Gila! Bego! Zikir menciptakan karakter takwa pada diri anak.


3. Tolong

Biasakan anak untuk mengucapkan kata ‘tolong’ setiap ia meminta bantuan kepada orang lain. Jika terbiasa dengan kata ini, akan tumbuh karakter rendah hati dan tidak sombong.


4. Terima kasih

Biasakan mengucapkan kata terima kasih untuk berbagai hal yang positif, sebagai apresiasi kepada orang lain yang telah memberikan pertolongan bagi dirinya. Anak yang tumbuh dengan menghargai orang lain akan menumbuhkan kebesaran jiwa.


5. Maaf

Ajarkan anak untuk mudah meminta maaf walaupun ia tidak melakukan kesalahan. Apalagi jika ia memang melakukan kesalahan. Anak yang terbiasa meminta maaf akan tumbuh sikap empati dan kasih sayang.


6. Oke/Iya/Baik

Ajarkan anak untuk mengucapkan kata “oke” atau "iya" atau "siap" sebagai respons dari nasihat atau perintah dari orang tua. Kadang saat ibu atau ayah meminta anak untuk melakukan sesuatu, ia hanya mengangguk atau bahkan diam saja. Ungkapan ini membentuk karakter peduli dan menghargai.


7. Izin/Permisi

Biasakan anak untuk meminta izin dalam berbagai kondisi. Misalnya minta izin untuk menggunakan benda yang bukan miliknya. Hal ini membentuk karakter tertib.


8. Bisa

Ajarkan anak berpikir dan bersikap optimistik. "Aku bisa" adalah ungkapan optimistik. Membuat anak tumbuh dengan percaya diri.

Wallahualam bisawab
☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆

Klik --> 👇
https://chat.whatsapp.com/E80qt9wxh0m8zMpcSI7L81

Apakah tulisan ini bermanfaat? Bagikan ke yang lain ya ....

._
@GT, 17122019

Posting Komentar

0 Komentar