Jualan?

Banyak orang yang meremehkan jualan. Bisa jadi kita di antaranya. Seakan-akan berjualan adalah suatu aktivitas yang kurang OKE, tidak keren, bahkan mungkin ada yang bilang menyebalkan.

Apa pun anggapan orang terkait jualan, bagi saya jualan adalah aktivitas yang begitu menyenangkan dan sangat menggembirakan. Dengan berjualan, saya bisa menggapai impian saya. Alhamdulillah dari hasil jualan saya bisa Haji bersama kedua orang tua, umrah dan mengumrahkan, bisa sedekah, infak, kurban, menafkahi keluarga.

Bukan hanya itu saja, dengan berjualan banyak mitra-mitra saya yang juga mampu melakukan apa yang saya lakukan. Artinya dengan jualan kita bisa sukses dan turut menyukseskan. Hal ini sangat sulit dilakukan ketika saya dahulu masih menjadi karyawan. Jangankan pergi umrah atau haji, ingin beli roti saja tak terbeli karena sangat minimnya gaji.

Salah satu alasan mereka yang tidak mau berjualan adalah karena malu. Ngapain harus malu? Selama yang kita jual adalah barang halal dan legal, selama kita jualnya dengan cara yang benar, maka harusnya layak kita jajal.

Sebagian mereka enggak sadar, beli sepeda atau mobil dipaksakan berutang. Semua dilakukan agar keinginannya terpenuhi meski statusnya masih utang, parahnya lagi itu untuk gaya-gayaan dan bukan karena kebutuhan. Hal seperti itu mereka lakukan tetapi mereka enggak mau diajak jualan dan justru nyinyir sama orang yang jualan. Jualan malu, utang enggak malu. Ini kan aneh!

Lihat, banyak mereka yang sudah mapan pun tetap berjualan. Mereka tidak malu. Contohnya saja artis. Meski sudah banyak penghasilan dan sudah terkenal, mereka juga jualan. Mulai dari artis kelas papan atas, papan bawah sampai yang enggak punya papan ikutan jualan. Hehehe.

Rafi Ahmad jualan snack, Ivan Gunawan jualan peyek, Syahrini, Tengku Wisnu, Sheeren Sungkar jualan roti dan masih banyak artis lain yang jualan. Nah, bagi teman-teman yang masih beranggapan bahwa jualan adalah aktivitas yang menyebalkan. Yuk, mulai sekarang diubah mindset-nya. Belum terlambat kok jika mau memulai. Jika tidak berjualan pun juga tidak masalah tetapi jangan pernah meremehkan saudara kita atau orang lain yang berjualan. 

Bagi yang sudah berjualan, ayo lebih semangat lagi dalam menawarkan. Berusahalah untuk selalu memberikan produk yang berkualitas dan bermanfaat bagi banyak orang. Ini namanya jualan yang menyolusikan. Semoga Allah memberikan kita kemudahan dan keberkahan. Amin

Sip ya๐Ÿ˜Š
085385725134

._
@GT, 21082020

Posting Komentar

0 Komentar